Selasa, 03 November 2015

BALURAN WISATA SATWA



Baluran, yah padang rumput yang cukup terkenal di Indonesia. Baluran merupakan salah satu kawasan Taman Nasional yang berada di Jawa Timur. Kemaren tanggal 27 Oktober 2015 saya berkesempatan berkunjung ke kawasan Taman Nasional Baluran (TNB). Pertama masuk gerbang kawasan akan ada tiket masuk kawasan TNB yang dikenakkan untuk pembayaran wisata pengamatan, kendaraan dan trekking di kawasan. Wisata yang ditawarkan diantara lain, pengamatan satwa di padang bekol dan pantai.
Jalan menuju padang bekol rusak, banyak aspal yang sudah mulai lepas. Tidak direkomendasikan menggunakan mobil sedan. Kanan kiri jalan, terdapat hutan yang sudah mati dan kering sangat jarang melihat pohon yang ijo. Kebanyakan pohon sudah tak berdaun dan kering. Musim saat itu, hampir di seluruh wilayah Indonesia mengalami kekeringan dan banyak hutan yang mengalami kebakaran. Perjalanan dari pos awal TNB ke padang savanna bekol sekitar satu jam.
Padang savana bekol

Padang savanna bekol, merupakan padang rumput yang cukup luas mungkin sekitar 4 kali lapangan bola. Disana kita bisa melihat banteng yang berendam, tengkorak banteng, monyet, dan tentu juga merak. Untuk melihat satwa di TNB, terutamanya merak lebih baik sore hari. Sore hari merak banyak keluar di padang savanna. Kita bisa melihat merak hidup liar disini. Terkadang merak berada di jalan yg kita telusuri, sehingga kita bisa lihat merak terbang. Pengalaman pertama saya melihat merak terbang yah di TNB. Ketika terbang ekor dan sayapnya terlihat cantik. Ekor merak cukup panjang, dibandingkan sayapnya. Begitulah pengalaman saya di Taman Nasional Baluran. See youuu merak


merak di Taman Nasional Baluran









Tidak ada komentar:

Posting Komentar