Selasa, 29 Desember 2015

Dampak Erupsi Bromo

Indonesia bisa dikatakan dengan negara yang memiliki potensi bencana di setiap daerahnya. Bencana yang ada di Indonesia diantara lain gunung meletus, gempa, banjir, kekeringan, puting beliung, tsunami dan banyak lagi. Yah, di kota Probolinggo mempunyai beberapa potensi bencana diantaranya puting beliung dan gunung meletus. Probolinggo berdekatan dengan gunung berapi aktif seperti bromo dan semeru

Probolinggo sudah sebulan ini terdampak oleh letusan gunung bromo. untuk mencapai gunung bromo dari kota probolinggo dapat ditempung dengan kendaraan bermotor sekitar 1,5 jam. Tiket masuk gunung bromo yaitu tiket motor Rp 10.000 dan wisatawan Rp 5.000. Penduduk sekitar bromo banyak menggantungkan hidupnya dengan bertani dan kunjungan wisatawan ke bromo.

Kondisi erupsi bromo


Erupsi bromo yang sudah memakan waktu sebulan ini berdampak pada lahan pertanian yang rusak dan kunjungan wisata yang menurun. Hotel di bromo mengalami penurunan, transportasi umum menuju bromo banyak yang hanya memarkirkan kendaraan saja, warung makan juga banyak yg tutup.selain itu abu vulkanik dari gunung bromo, mengakibatkan debu mengkotori udara dan rumah mereka. akibat debu ini, bisa mengakibatkan penyakit saluran pernafasan atau ISPA. 

elf yang berada d cemoro lawang

Erupsi bromo merupakan bencana yang tidak dapat kita hindarkan. Kita harus mempersiapkan kapasitas masyarakat sekitar untuk siap menghadapi bencana erupsi. penguatan kapasitas bagaiman bisa bertahan hidup ketika pariwisata dan pertanian tidak berjalan dengan semestinya. Selain itu tahap pasca erupsi juga penting untuk mengembalikkan wisatawan berkunjung ke bromo dan lahan pertanian dapat ditanami kembali. Penguatan kapasitas masyarakat di bromo tentu membutuhkan peran dari dinas terkait misalnya BPBD kabupaten probolinggo, dinas pariwisata, dan dinas terkait. Semoga erupsi bromo segera berakhir.

Kondisi rumah masyarakat bromo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar