Minggu, 13 Desember 2015

Djuanda dalam Hari Nusantara

"Isi dari Deklarasi Juanda yang ditulis pada 13 Desember 1957, menyatakan:
  1. Bahwa Indonesia menyatakan sebagai negara kepulauan yang mempunyai corak tersendiri
  2. Bahwa sejak dahulu kala kepulauan nusantara ini sudah merupakan satu kesatuan
  3. Ketentuan ordonansi 1939 tentang Ordonansi, dapat memecah belah keutuhan wilayah Indonesia dari deklarasi tersebut mengandung suatu tujuan :
    1. Untuk mewujudkan bentuk wilayah Kesatuan Republik Indonesia yang utuh dan bulat
    2. Untuk menentukan batas-batas wilayah NKRI, sesuai dengan azas negara Kepulauan
    3. Untuk mengatur lalu lintas damai pelayaran yang lebih menjamin keamanan dan keselamatan NKRI"   sumber wikipedia  
     
    Begitulah bunyi dari deklarasi djuanda. tangga 13 desember, telah ditetapkan pemerintah sebagai Hari Nusantara. Pemerintah seakan mengingatkan kita, bahwa indonesia merupakan negara kepulaun. Negara yang mempunyai keankearagaman budaya, bahasa, maupun sumber dayanya. Batas negara indonesia sendiri merupakan dari pulau - pulau terluar indonesia. Pulau sabang, pulau we, pulau roti dan pulau papua sebagai batas negara kesatuan republik indonesia.
    Manusela

    sebagai bangsa indonesia, saya sudah sedikit mempunyai kesempatan bermain di pulau Biak, Ambon, Bali, Sulawesi (makasar) dan tentunya pulau jawa. Setiap daerah mempunyai bahasa, makanan, dan aturan istiadat. Di taman nasional manusela, tepatnya d kampung masihulan mempunyai ciri khas sendiri. disini terdapat dua kampung yang berdekatan yaitu masihulan dan sawai. kampung masihulan merupakan penduduk yang beragama nasrani, sedangkan sawai merupakan muslim. kedua kampung ini tetap menjalakan kehidupannya dengan harmonis. saya sebagai orang muslim juga diterima dengan baik di kampung masihulan. Hal ini saya maknai dikarenakan kita merasakan bahwa kita adalah satu bangsa dan satu sodara. walaupun saya berasal dari pulau jawa, dan mereka dari pulau maluku. Pengalaman saya berkunjung di berbagai luar pulau indonesia membuktikan bahwa indonesia masih utuh dan bulat sesuai dengan apa yang dicita citakan oleh deklarasi djuanda.
     
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar